Firestop Coating

Firestop coating
Proses pengerjaan Firestop Coating

Firestop Coating Adalah Memiliki ketebalan tertentu, lebih rapi sehingga tidak mengurangi nilai estetik dan dapat di laukuan finishing dengan rapi, serta tahan pada situasi dan kondisi lingkungan yang korosif.

Pasang firestop untuk area shaft memiliki tujuan untuk mencegah dan menghambat penyebaran api pada saat kebakaran. Pasang firestop untuk area shaft juga berkaitan dengan antisipasi musibah kebakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Baca juga : Pemasangan firestop mortar

Proses pemasangan besi

Firestop merupakan sistem proteksi kebakaran dengan menggunakan berbagai komponen guna menutup bukaan antar ruang atau sendi pada dinding ataupun lantai sebuah bangunan. Mekanisme kerja fire dirancang untuk mencegah penyebaran api dengan cara mengisi bagian dari sebuah bangunan seperti contohnya area shaft dengan bahan yang tahan api.

Lubang shaft pada suatu bangunan sendiri pada umumnya berguna untuk menyediakan ruang instalasi kabel listrik atau jaringan, pipa plumbing dan lainnya. Adanya lubang shaft sengaja tidak dicor guna menghindari pekerjaan bobokan apabila diperlukan pekerjaan tambahan seperti instalasi kabel ataupun pipa dikemudian hari.

firestop
Proses pemasangan Rockwool

Tujuan Pemasangan Firestop

  • Mencegah dan menghambat penyebaran api saat kebakaran
  • Memberikan tambahan waktu evakuasi penghuni gedung
  • Melokalisir api pada dinding antar ruangan atau antar lantai
  • Mencegah kerusakan pada kabel yang disebabkan oleh serangga atau air
  • Melindungi struktur beton dari sifat dehidrasi pada saat kebakaran ( khusus untuk jenis mandolite dan structural coating yang diaplikasikan pada permukaan beton )
Proses Coating CP 670
Proses Coating CP 670

Firestop memiliki banyak jenis diantaranya yaitu Firestop Coating, Firestop Mortar (spray), dan Firestop Foam. Penggunaan firestop untuk area dinding, lantai dan plate deck biasanya menggunakan jenis firestop dengan sistem spray sedangkan untuk celah, shaft atau lubang biasa menggunakan jenis firestop mortar atau lainya.

Pemilihan jenis firestop yang akan digunakan harus disesuaikan dengan kebutuhan fire rate atau ketahanan waktu terpapar api dan tergantung dimensi atau ukuran celah bagian gedung yang akan dilindungi.

Hasil Pekerjaan Firestop Coating
Hasil Pekerjaan Firestop Coating

Area Kerja Yang Harus Dipasang Firestop

  • Shaft kabel dan pipa gedung mall, hotel, apartement dan gedung perkantoran
  • Lubang penetrasi kabel ruang genset gedung hotel, apartement dan gedung perkantoran
  • Lubang penetrasi kabel ruang server
  • Lubang dan celah parameter gedung apartement, hotel dan gedung perkantoran
  • Dinding, kolom dan tiang struktur pabrik, gudang, gedung parkir, gedung dengan struktur baja
  • Aplikasi lainnya yang berhubungan dengan api kebakaran

Metode Kerja Forestop

  1. Lantai beton, shaft elektronik dan elektrikal yang akan dipasang Firestop dibersihkan dari material yang mengganggu.
  2. Pemasangan support
    Media yang akan dipasang besi begel min 06, dibor dengan diameter bor 8-10 mm ujung besi begel dimasukkan kedalam lubang bor. Jarak antar begel disesuaikan kebutuhan antara + 33 cm
  3. Pemasangan papan kalsium / GRC /(Support)
    Papan kalium / GRC min 3mm dipasang setelah dipotong dibentuk sesuaikan kondisi lubang shaft yang ada. Potong papan kalsium dengan ukuran dan bentuknya yang telah disesuaikan dengan kondisi lubang shaft dilapangan, dipasang dan dirapihkan.
  4. Pemasangan mineral wool Hampir sama dengan pemasangan papan kalsium, dipotong dan dibentuk sesuai kebutuhan dan kondisi lubang shaft.
  5. Aplikasi Firestop Mortar IFILITE C050 pada bagian atas rockwool aplikasi dilakukan dengan cara tuang dibagian atas rockwool bener-bener tertutup rata dan tidak ada celah yang terlihat, setelah dicampur dengan semen Mortar dan air dengan perbandingan ( IFILITE C050 4g kg : air 7 liter) Diaduk rata sampai homogen. Dengan ketebalan 2,5 cm digunakan untuk tingkat Ketahanan Api (TKA) 2 jam
Jasa Firestop gedung
Jasa Firestop gedung

Merk Material Firestop System

Merk

Type

HILTI

Sealant CP 611 A, Mortar CP 636, Coating CP 670, Firestop Foam CP 660, Hilti CFS SP WB, CP 601, CP 606, CP 664, CP 648, CP 670, CP 679, CP 643, CP 651, CP 658, CFS — BL, CP 678, CP 679

IPILITE

CO50 Mortar, C011 Coating, Vermiculite, C015, C132, Perlite

CHUGOKU

Charformax SH-100

PROMAT

Promaseal Mortar, Cafco Mandolite Cp2, Blukhead sealer, cafco WB3, Promaseal AN sealant

STI

CS 105, LSI 305, Specseal composite, SSM mortar, SSP Putty & Putty Pads, SSS Intumescent sealant

3M

Firebarier , Fireblock Foam, Firebarier Mortar, Firedam

jenis jenis firestop Merk dan type material tersebut di atas adalah yang umum digunakan, masih tersedia berbagai macam merk dan type material lainnya.

Harga Firestop System

Jenis

Harga per m2

Firestop coating

Rp 495.000,-

Firestop coating area faced

Rp 645.000,-

Firestop mortar untuk shaft

Rp 770.000,-

Firestop mortar spray untuk cover struktur beton

Rp 470.000,-

Firestop mortar spray untuk cover struktur baja

Rp 495.000,-

Firestop foam lubang kabel

Rp 320.000,- per titik

Harga di atas bersifat perkiraan, validitas harga tergantung pada jenis dan merk material yang digunakan, tingkat kesulitan, volume serta lokasi kerja.

Untuk berkonsultasi lebih lengkap dengan team ahli kami, silahkan KLIK DISINI untuk menghubungi kami, atau bisa kirim email ke trisakunmitrajaya@gmail.com